21 Agustus 2007

Mengenal Macam-macam Mesin Diesel

Mesin diesel, jika dilihat dari bentuk ruang bakarnya terdiri atas dua bagian, yaitu mesin dengan ruang bakar langsung dan ruang bakar tambahan. Ruang bakar langsung (direct injection) terdiri atas tiga tipe yaitu multi spherical, hemispherical dan spherical.

Sedangkan ruang bakar tambahan terdapat dua bagian yaitu tipe ruang bakar kamar dalam (pre-combustion chamber) dan tipe ruang bakar kamar pusar (swirl chamber). Pada ruang bakar langsung (direct injection), injection nozzle akan menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar utama (main combustion) yang terdapat pada piston dan cylinder head.

Keuntungan yang didapatkan dari bentuk ruang bakar ini adalah efisiensi panas tinggi, konstruksi cylinder head sederhana dan perbandingan kompresi dapat diturunkan. ''Sedangkan kerugiannya, pompa injeksi harus menghasilkan tekanan yang tinggi, suara lebih berisik dan bakar bakar yang digunanakn harus bermutu tinggi,'' ungkap Erens Jafet, Training Head, Services Department PT Pantja Motor.

Sebaliknya, pada ruang bakar tambahan (pre-combustion chamber type), bahan bakar akan disemprotkan oleh injection nozzle ke pre-combustion chamber. Dan sebagian akan terbakar di tempat dan sisanya yang tidak terbakar akan dibakar habis di ruang utama (main combustion chamber).

Keuntungannya, papar Erens, asap hitam lebih sedikit, suara mesin lebih halus, dan tidak terlalu peka terhadap perubahan timing injeksi. Sedangkan kerugiannya, cylinder head lebih rumit, efisiensi panas lebih rendah, diperlukan glow plug, dan pemakaian bahan bakar lebih boros. Adapun pada indirect injection (swirl chamber type), kamar pusar mempunyai bentuk spherical. Udara yang dikompresikan piston memasuki kamar pusar dan membentuk turbulensi. Sebagian akan terbakar di tempat dan sisanya yang tidak terbakar akan dibakar habis diruang bakar utama.

Keuntungannya, kecepatan mesin lebih tinggi, gangguan pada nozzle lebih kecil (tipe pin) dan suara mesin lebih halus. Kerugiannya, ungkap Erens, cylinder head lebih rumit, efisiensi panas lebih rendah, diperlukan glow plug, dan detonasi lebih mudah terjadi.

http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=4&id=252420&kat_id=105&kat_id1=148&kat_id2=198

3 komentar:

wellysimbar mengatakan...

halo, sy sedang mencari informasi soal innova diesel, ktnya sangat irit, 1ltr bisa 20 km, apa benar? apakah mesin diesel memang lbh irit dr mesin bensin? Thank you buat informasinya.

David S mengatakan...

Halo,saya br membeli mobiul Chevrolet Captiva Diesel VCDI.Dimana setiap kali saya mengenjot pedal Gas terasa ada suara mengelitik seperti banting Klep?Apakah itu normal untuk mesin VCDI ini?Apakah benar mobil bermesin Diesel tidak bisa banting Klep?Terima kasih dan sangat ditunggu informasinya.

Liens mengatakan...

Secara teknis mobil diesel memang lebih irit daripada mobil bensin. Namun kembali pada cara mengemudi anda. Kijang diesel D4D sudah banyak ynag mngulasnya, kehebatan injeksi common rail membuat mesin ini jadi irit bertenaga.
Suara mengelitik pada diesel biasanya adalah diesel knocking, yang disebabkan oleh pembakaran yang kurang sempurna akibat dari kualitas bahan bakar. Hal itu adalah wajar pada saat akselerasi dan bukan berasal dari klep.
Banting klep ???